Deteksi Komputer Rusak

Posted: 28/03/2011 in Hardware

MENDETEKSI KERUSAKAN KOMPUTER DARI BUNYI BEEP

Komputer dalam keadaan normal akan mengeluarkan bunyi beeb 1x (pendek), dalam mendeteksi kerusakan pada hardware masing-masing vendor memiliki bunyi beeb yang berbeda, namun secara umum dapat dibedakan sebagai berikut :

  1. Tidak ada bunyi beeb –> Hal ini biasanya ada masalah di power suply (paling sering nich), jangan panic dulu, biasanya orang akan panik ketika mengalami masalah tersebut, solusinya coba cabut kabel power suply yang ke motherboard kemudian di cek apakah colokoan power suply tersebut masih dalam keadaan baik, jika ya pasang lagi, jika masih tidak bisa juga kemungkinan motherboard Anda sudah rusak.
  2. Bunyi beeb 1x (pendek) –> Keadaan ini disebut sebagai keadaan normal dimana hardware dalam cpu semua berfungsi baik.
  3. Bunyi beeb pendek berkali-kali –> Bunyi beeb ini berarti ada masalah dengan ram , solusinya coba cabut ram dan pindahkan ke slot yang lain, jika masih bunyi juga coba bersihkan pin emas yang ada dibawah ram dengan penghapus kemudian pasang lagi, jika tidak bisa berarti ram sudah benar-benar rusak.
  4. Bunyi beeb panjang pendek bergantian –> Bunyi beeb ini berarti ada masalah dengan VGA, solusinya coba cabut VGA-nya kemudian cek apakah pin emas yang ada dibawah VGA masih dalam keadaan baik (tidak ada yang putus), jika ada yang putus bisa disambungkan dengan menggunakan pensil 2b, caranya tarik garis lurus dari pin yang putus sampai tersambung kembali, mengapa memakai pensil 2b, karena diyakini pensil ini memiliki magnet yang dapat menghantarkan listik, cara lain jika memiliki keahlian khusus dalam elektronika bisa disambungkan dengan mengunakan timah. Jika tidak bisa juga berarti VGA harus diganti.

Semoga tips diatas dapat membantu, sebagai tambahan, sesekali perhatikan fan di dalam CPU apakah ada tidak jalan atau tersendat, jika ya coba bersihkan atau diganti dengan yang baru agar kinerja dari CPU tetap ok dan hardware dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Comments
  1. Gwe Banget says:

    kalau bunyinya… tidit..tidit..tidididit titidije itu kenapa gan??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s